Perkaya Kosakata Bahasa Inggris Anda

Teori Organisasi Umum 2 bag.1

Kosakata bahasa Inggris merupakan salah satu bagian dari Bahasa Inggris yang penting namun sering diabaikan. Orang yang mempelajari Bahasa Inggris secara resmi misalnya melalui kursus atau di sekolah, senantiasa lebih mengutamakan struktur dan gramatikal ketimbang kosakata. Sebab struktur dan gramatikal lebih konkret dan tegas untuk dipelajari karena memiliki rumus tertentu.

Sementara kosakata agak sulit untuk ditentukan benar atau salahnya karena tergantung pada konteks kalimat yang digunakan. Sementara orang yang belajar Bahasa Inggris secara otodidak bahkan seringkali memiliki kosakata Bahasa Inggris yang lebih banyak. Ini karena mereka langsung praktek dan mempelajari struktur dan gramatikal sambil menggunakannya.

Parts of Speech

Parts of speech adalah jenis-jenis kata dalam Bahasa Inggris. Ada 9 parts of speech, yaitu Noun (kata benda), Pronoun (kata ganti; contoh I, you, they), Verb (kata kerja), Auxiliary (contoh can, may, must), Adjective (kata sifat), Article (a dan an), Adverb (kata keterangan), Preposition (kata depan; contoh in, at, by), dan Conjunction (kata penghubung; contoh and, then).

Setiap kata dalam Bahasa Inggris pasti termasuk ke dalam 1 kelompok di atas. Sebagian parts of speech bersifat pasti atau memiliki arti tertentu, namun sebagian lagi memiliki makna berubah-ubah tergantung konteks kalimat.

Cara Melatih

Verb terdiri dari regular verb (kata kerja teratur atau berpola) dan irregular verb (kata kerja tanpa pola). Irregular verb dan preposition merupakan parts of speech yang perlu dipelajari secara khusus. Irregular verb tidak bisa tidak harus dipelajari dengan cara menghafal. Sedangkan penggunaan preposition yang tepat harus sering dilatih dengan membangun kalimat-kalimat.

Ratusan irregular verb dapat Anda kuasai dengan cara menghafalnya perlahan. Misalnya menghafal 5 kata hari ini, ditambah 5 kata lagi esok harinya sehingga menjadi 10, dan demikian seterusnya. Pola seperti ini bisa Anda terapkan juga pada anak usia SD.

Cara Menambah Kosakata

Cara mudah menambah kosakata ialah dengan banyak membaca bacaan dalam Bahasa Inggris. Bacaan apa saja, bisa brosur iklan, koran, literatur, maupun novel dan buku teks. Setiap kali Anda menemukan kosakata baru, tulis dalam selembar kartu atau kertas seukuran kartu nama.

Tulis besar-besar kata tersebut berikut cara membacanya dan jenis part of speech di bagian bawahnya di satu halaman, dan penjelasannya serta contoh kalimat di halaman sebaliknya. Kumpulkan kartu-kartu ini di satu kotak untuk Anda baca kembali di waktu luang Anda.

Cara lainnya adalah dengan mengikuti kursus Bahasa Inggris kelas umum, bukan jenis kelas khusus seperti conversation atau TOEFL preparation. Pada kursus Bahasa Inggris umum, setiap pertemuannya bersifat tematik. Sehingga Anda akan belajar mengenai tema-tema yang berbeda dan tentunya ini akan memperkaya kosakata Bahasa Inggris Anda sekaligus memperbaiki struktur dan gramatikal Anda secara baik.


sumber : http://www.anneahira.com/kosakata-bahasa-inggris.htm

1 komentar:

Bagaimana kalau untuk melatih anak2 agar lancar berbahasa inggris ? by Buhori

buhori
4 Juni 2011 pukul 08.26 comment-delete

Posting Komentar